PWK Link >> Profil - Pendidikan - Penelitian & Pengabdian Masyarakat - Kemahasiswaan & Alumni - Kontak


Sejarah

Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) di Kota Padang lahir karena permintaan di dunia kerja akan tenaga  ahli perencanaan untuk penataan, perencanaan, dan memberikan solusi pemecahan masalah bagi Kota dan Kabupaten. Lembaga pendidikan Universitas Bung Hatta menangkap peluang tersebut dengan cermat dengan mendirikan prodi PWK pada tanggal 28 Januari 1994 dengan SK pendirian No. 30/DIKTI/KEP/1994.. Dibawah pimpinan Bapak H.Ir. Lesman, sebagai ketua jurusan pertama, selang waktu 5 tahun berjalan semenjak berdiri, prodi PWK mampu melulusan mahasiswa perdana tahun 2000 sebanyak 9 orang. 

Perjuangan yang panjang dalam pembenahan prodi PWK melalui tahap Status terdaftar : 1994 – 2000, Akreditasi C : 2000-2005, Akreditasi B : 2006-2012 dan 2013-2018 dengan no SK BAN-PT 015/BAN-PT/Ak-X/S1/VII/2007 tentang akreditasi jurusan PWK.

Sampai saat ini telah banyak hal yang berkembang di Jurusan PWK, baik dari segi sumber daya manusia, manajemen pengelolaan jurusan dan pendanaan, kerjasama dengan pihak luar, sarana prasarana, serta dalam hal kemahasiswaan.

Kini PWK Univ. Bung Hatta berkembang dari masa ke masa dengan bertambahnya jumlah mahasiswa dan alumni lulusan PWK yang mengabdikan dirinya untuk berkomitmen merencanakan wilayah dan kota yang lebih baik.


Visi

 "Menjadi prodi Perencanaan Wilayah dan Kota yang unggul dan bermartabat Bung Hatta di wilayah Sumatera dalam kajian pengembangan kawasan perkotaan dan perdesaan"

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas untuk menghasilkan sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota yang bermartabat Bung Hatta dan mampu berkompetisi di pasar kerja dengan menguasai teknologi informasi dan mampu menyerap informasi dan berkomunikasi dalam bahasa Internasional.
  • Berperan dalam penelitian dan pengembangan keilmuan dibidang Perencanaan Wilayah dan Kota khususnya di daerah Sumatera dan menjalin kerjasama antar perguruan tinggi di tingkat nasional dan internasional.
  • Berperan dalam pengabdian kepada masyarakat dibidang Perencanaan Wilayah dan Kota dalam rangka turut berpartisipasi membantu masyarakat dan pemerintah daerah.

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi di pasar kerja bidang profesi perencanaan wilayah dan kota maupun bidang pekerjaan lain bagi para sarjana.
  • Menghasilkan penelitian yang berkontribusi terhadap bertambahnya pengetahuan  terhadap pembangunan daerah di Sumatera Barat dan sekitarnya dan membangun kerjasama dengan sekolah perencanaan lain ditingkat nasional maupun tingkat Asia.
  • Meningkatkan kerja pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa dalam bentuk memberikan nasehat dan rekomendasi perencanaan spasial mulai dari pemerintahan tingkat terendah nagari sampai tingkat provinsi.

Dosen

Jurusan PWK memiliki 10 orang dosen tetap jurusan PWK dan  dosen tetap lainnya dari jurusan lain di lingkungan Universitas Bung Hatta. Selain itu terdapat dosen luar biasa dari universitas lain seperti dari Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang, atau tenaga ahli berpengalaman yang mengajar  terutama pada mata kuliah spesifik.