Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta terus memperkuat sinergi dengan Kenagarian Ketaping Kabupaten Padang Pariaman. Dalam hal ini tim PKM-FTSP lebih khusus melakukan mitigasi bencana Gempa dan Tsunami terhadap anak-anak di pesisir pantai Nagari Ketaping.

Sejumlah kegiatan pun telah dilaksanakan, mulai dari bulan April sampai bulan Agusutus nanti seperti  pembinaan pengetahuan dasar mitigasi bencana dari berbagai narasumber yang ahli dibidangnya.

Ketua PKM, Dr. Ir. Hariyani, MTP mengatakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk peningkatan kapasitas masyarakat pesisir khususnya bagi anak-anak di pesisir Nagari Ketaping.

Masyarakat dan sekolah wilayah pesisir Ketaping akan diberikan edukasi mitigasi dan tanggap bencana gempa dan tsunami. "Kegiatan ini menyasar masyarakat desa wilayah pesisir dan warga sekolah, dengan siswa di usia dini dibekali dengan pemahaman sadar bencana khususnya bencana tsunami dan gempa kedepan anak-anak nantinya akan tanggap dan sadar bencana, sebagai pioner penanggulangan dan mitigasi bencana”, sebut Haryani

Disebutkan Haryani, Nagari Ketaping memiliki potensi multi bencana dan memiliki resiko bencana tsunami dan abrasi pantai yang tinggi, tak terkecuali Korong Simpang Ketaping yang terletak di wilayah pesisir diantaranya adalah ancaman bencana tsunami, gempa bumi, abrasi pantai dan badai.

Penduduk yang bermukim sangat dekat dengan pantai (lebih kurang 20 m). Bencana alam sulit diprediksi, baik waktu terjadi maupun dampaknya. Oleh sebab itu, penanganan bencana yang efektif perlu disiapkan. Penanganan bencana yang efektif dapat mengurangi dampak dari bencana yang terjadi.

Dijelaskan Haryani, aktifitas anak-anak serta manula maupun anak-anak pondok mengaji merupakan kelompok rentan, perlu menjadi perhatian dalam upaya mitigasi bencana.

“Oleh sebab itu perlu dilaksanakan upaya sosialisasi, diseminsi dan simulasi bencana gempa dan tsunami sebagai upaya kesiapsiagaan kelompok rentan menghadapi bencana yang akan datang”, jelasnya lagi.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu kewajiban tridarma Perguruan Tinggi yang menjadi kewajiban tenaga pendidik. Bersama mahasiswa, Dosen Prodi Perencanaan Wilayah dan  Kota FTSP Universitas Bung Hatta, sebagai bagian dari untuk meningkatkan kesiapsiagaan penduduk rentan agar siap menghadapi ancaman gempa dan tsunami di Korong Simpang Nagari Ketaping Kabupaten  Padang Pariaman. (*Indrawadi).