• Untitled-1A.jpg
  • Untitled-1B.jpg
  • Untitled-2B.jpg
  • Untitled-3.jpg
  • Untitled-4.jpg

Oleh Desy Aryanti, S.T., M.A

Pendekatan dan metode dakwah yang tepat adalah salah satu alasan mudah diterimanya keberadaan Syekh Burhanuddin oleh semua lapisan masyarakat yang kemudian meninggalkan pengaruh dan kesan yang luas dalam masyarakat Minangkabau. Kuatnya dukungan kaum adat dan pemuka masyarakat terhadap misi keislaman yang ditebarkan Syekh Burhanuddin ditunjukkan oleh kesediaan mereka memberikan lahan untuk membangun surau dan sekaligus bekerjasama dalam mendirikan surau-surau tersebut.

Atas prakarsa Idris Majolelo berdirilah Surau Pertama yang berfungsi sebagai tempat penyiaran agama (dakwah), belajar kitab, dan juga pengajian anak-anak Tanjung Medan Ulakan. Seiring dengan itu, kemudian disetiap jorong berdiri surau-surau sebagai tempat pengajian anak-anak, orang dewasa, dan tempat ibadah. Begitu juga di pusat Nagari didirikan masjid.

       

Universitas Bung Hatta bekerja sama dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) mengadakan workshop di Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP). Diikuti oleh 40 Mahasiswa UiTM dan 40 dari Mahasiswa Arsitektur FTSP. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2017.

Mahasiswa Teknik Sipil mengikuti kompetisi yang berlangsung di Universitas Jambi. Dalam kompetisi tersebut mahasiswa teknik sipil memperoleh peringkat 3. Perangka lunak Autocad diperlukan bagi mahasiswa bauik di lingkungan akademis, maupun di lingkungan profesi nantinya. Dengan mengikuti kompetisi ini, diharapkan minat para mahasiswa teknik sipil untuk mempelajari program Autocad semakin tinggi.