SEJARAH 

Program studi Teknik Sipil merupakan salah satu program studi pada Fakultas Teknik Universitas Bung Hatta yang telah berdiri sejak tanggal 1 Desember 1981. Fakutas Teknik Universitas Bung Hatta merupakan pengintegrasian dari Sekolah Tinggi Teknik Sumatera Barat (STTSB) yang sebelumnya bernama Institut Teknologi Sumatera Barat (ITSB) yang telah berdiri sejak tahun 1972.

Berdasarkan SK Mendikbud No. 0200/0/1984 tanggal 23 April 1984, program studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Bung Hatta mendapat status Terdaftar. Status Diakui diperoleh pada tahun 1986, berdasarkan SK Mendikbud No. 0405/0/1986 tanggal 26 Juni 1986. Tahun 1992, berdasarkan SK Mendikbud No. 440/DIKTI/Kep/92 tanggal 16 Oktober 1992, program studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Bung Hatta Padang mendapat status Disamakan.

Pada tahun 2003, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 029/BAN-PT/Ak-VII/S1/IX/2003 tanggal 12 September 2003, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Bung Hatta mendapat akreditasi dengan peringkat B. Selanjutnya pada tahun 2009, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia Nomor 011/BAN-PT/Ak-XII/S1/V/2009 tanggal 29 Mei 2009 Program Studi Sarjana Teknik Sipil Universitas Bung Hatta kembali mempertahankan peringkat Akreditasi B. Pada tahun 2014, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta kembali mendapatkan Akreditasi B berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesa Nomor 293/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2014.

 

VISI

“Menjadi Program Studi Teknik Sipil yang unggul dan bermartabat menuju program studi berkelas dunia yang berorientasi kepada kewirausahaan pada tahun 2045”.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan berdaya saing global dan dapat berusaha di bidang teknik sipil yang ditunjang dengan penguasaan teknologi informasi dan bahasa asing.
  2. Menghasilkan lulusan yang bermartabat dan religius sesuai nilai-nilai Kebunghattaan serta memiliki jiwa kewirausahaan di bidang industri konstruksi.
  3. Menciptakan iklim akademis yang kondusif dan mendukung kegiatan penelitian yang berkualitas internasional.
  4. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk kesejahteraan umat, nusa dan bangsa.
  5. Mengembangkan jejaring kerjasama yang produktif dan berkelanjutan dengan institusi nasional maupun internasional.
  6. Menciptakan sistem tata kelola yang baik dan berkelanjutan.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan kompeten untuk memenuhi tuntutan global dalam berusaha di bidang industri konstruksi, serta memiliki rasa percaya diri yang tinggi.
  2. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia berazaskan agama dan etika sesuai dengan nilai-nilai Kebunghattaan yaitu jujur, santun, disiplin dan hemat serta memiliki jiwa kewirausaaan sehingga mampu menangkap peluang di bidang industri konstruksi.
  3. Menghasilkan penelitian yang berkualitas serta berkontribusi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
  4. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.
  5. Menjalin kerjasama yang berkelanjutan dengan berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri.
  6. Mewujudkan tata kelola yang transparan, akuntabel, dan kredibel dalam rangka mewujudkan suasana akademik yang kondusif.