HARIANHALUAN.COM - Bagi Anda yang sedang mencari kampus dengan jurusan yang berkualitas, bisa langsung cek di Universitas Bung Hatta Kota Padang. Selain memiliki kampus dengan fasilitas yang mumpuni, UBH juga berada di lokasi yang strategis dan mudah di akses.

Saat ini UBH telah membuka jurusan baru yang hanya ada di tiga kampus ternama di Indonesia. Sehingga UBH menjadi perguruan tinggi yang membuka Jurusan vokasi D-IV TRPPBS atau Teknologi Rekayasa Perawatan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil pertama di luar Pulau Jawa. Program studi tersebut termasuk baru di Indonesia dan lulusannya siap bekerja sebab pada pelaksanaan perkuliahan nantinya mahasiswa akan banyak melakukan praktik daripada studi.

Dekan Fakultas Teknik Sipil UBH, Dr Nengah Tela ST MSc saat dihubungi Harianhaluan.com, Minggu (12/7) mengatakan prodi tersebut telah dibuka hingga bulan Agustus 2020 mendatang. TRPPBS ini mempersiapkan Sarjana terapan di bidang Teknik Sipil yang memiliki kompetensi kerja dalam teknologi rekayasa pengelolaan dan pemeliharaan yang meliputi operation, maintance, repair, dan lain sebagainya.

"Baru ada di tiga kampus, yaitu Institut Teknologi Surayaba (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Bung Hatta (UBH). Kemudian nantinya mahasiswa akan 70 persen praktik dan 30 teori. Bahkan jika ada mahasiswa yang sedang bekerja itu akan menjadi nilai plus," jelasnya.

Persyaratan bagi calon mahasiswa baru yang akan mendaftar adalah tamatan SMA/MAN jurusan IPA atau IPS. Tak hanya itu UBH juga membuka jalur Non Reguler (NR) di mana mahasiswa Politeknik Sipil, Elektro, Arsitek, ataupun Mesin bisa menyambung pendidikan di Jurusan TRPPBS tersebut.

"Prodi baru ini karena melihat kondisi Indonesia yang rawan gempa sehingga jurusan ini bisa dijadikan acuan untuk pembelajaraan dan perawatan bangunan. Nantinya mahasiswa yang sudah tamat bisa bekerja di BPBD yang bersangkutan dengan kebencanaan dan PU. Juga bisa di bidang pekerjaan lainnya," lanjut Nengah Tela.

Konsentrasi Prodi TRPPBS tersebut adalah memperbaiki dan memelihara bangunan dan uniknya lagi prodi tersebut telah mengambil bagian ilmu menghitung, arsitek, dan sipil sekaligus. UBH juga telah mempersiapkan bagi lulusannya untuk dapat langsung bekerja di perusahaan yang sudah bekerjasama atau menandatangani MoU di pemerintahan dan swasta.

"Prodi ini di luar negeri sangat banyak peminatnya. Artinya lulusan prodi ini siap pakai. Antusias anak muda milenial juga ramai karena belum ada saingan untuk masuk ke prodi tersebut. Karena jurusan ini prodi milenial artinya orientasi aplikatif dan berdasarkan Tracer Study menyatakan 90 persen lulusannya langsung dapat bekerja," ujarnya.

Nah, bagi Anda kaum milenial yang mencari jurusan keren dengan lulusan yang langsung dapat bekerja coba cek dan daftar ke UBH sekarang juga. Jika ingin mencari informasi lebih lanjut bisa langsung cek di website resmi UBH di www.bunghatta.ac.id. (*)

Sumber : https://www.harianhaluan.com/news/detail/101001/ubh-buka-jurusan-teknologi-rekayasa-perawatan-dan-pemeliharaan-bangunan-sipil