UNIVERSITAS BUNG HATTA MEMILIKI PROGRAM SUDI BARU YAITU PROGRAM SUDI TEKNOLOGI REKAYASA PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN BANGUNAN SIPIL (TRPPBS) APA ITU PRODI TRPPBS ?

  1. Program Studi yang akan mempersiapkan Sarjana Terapan bidang teknik sipil yang berkompeten dalam teknologi rekayasa pengelolaan dan pemeliharaan meliputi: operation, maintenance, repair, rehabilitation, reconstruction infrastruktur sipil meliputi bangunan gedung, bangunan transportasi dan bangunan air. 
  2. Program Sarjana Terapan yang berorientasi mendidik mahasiswa menjadi tenaga profesional pelaksana konstruksi bangunan sipil yang mengutamakan kemampuan teknik dan manajemen pengelolaan, perbaikan dan perawatan bangunan sipil, seperti: perbaikan dan perawatanstruktur, utilitas bangunan, pekerjaan interior dan eksterior, aspek-aspek perhitungan anggaran biaya, serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
  3. TRPPBS didesain untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi menjadi engineer yang mampu merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur berbasis teknologi sehingga akan mengurangi potensi kerusakan infrastruktur dan memperpanjang umur dari bangunan sipil tersebut.

APA KEUNGGULANNYA ?

  1. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Bung Hatta merupakan perguruan tinggi pertama yang membuka program studi ini diluar Pulau Jawa, sehingga kebutuhan akan lulusan masih sangat banyak dan peluang kerja juga terbuka lebar. Untuk Pulau Jawa sendiri, program studi ini baru ada di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institute Teknologi Surabaya (ITS) dan berdasarkan tracer study dari 2 kampus tersebut menunjukan 90% lulusan dari prodi TRPPBS sudah bekerja.
  2. Saat ini prodi Sarjana Terapan menjadi favorit di kalangan generasi milenial. Hal ini dikarenakan prodi sarjana terapan lebih banyak praktiknya, baik berupa praktek di lapangan maupun magang di dunia kerja. Kondisi ini sangat sesuai untuk generasi milenial yang menyukai hal-hal yang bersifat terapan atau aplikatif. Kurikulum prodi TRPPBS telah didesain dengan berorientasi pada praktek sebesar 70 persen dan teori sebesar 30 persen, sehingga sangat cocok dikatakan sebagai prodi-nya generasi milenial
  3. FTSP Universitas Bung Hatta dan prodi TRPPBS telah mempersiapkan jejaring mitra perusahaan dan pemerintah sebagai tempat magang industri dan praktek kerja lapangan untuk mahasiswa.
  4. Pada semester (5-6) akan dilaksanakan Study Exchange ke University Technology Mara (UiTM), Malaysia.

APA PROFESI LULUSANNYA ?

  1. Building Engineer : Sarjana Terapan yang mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan pekerjaan, pengawasan pekerjaan dan penjagaan tingkat layanan dari konstruksi bangunan sipil dengan memperhatikan syarat teknis terkait keamanan konstruksi, keselamatan pengguna dan aspek lingkungan sehingga mampu menyelesaikan permasalahan terkait bangunan sipil di wilayah kerjanya.
  2. Building Site Engineer : Sarjana Terapan yang mampu melakukan perancangan terkait tahapan dan proses pelaksanaan tahapan atau metode pelaksanaan pada proses pembangunan konstruksi bangunan sipil sehingga dapat memastikan tercapainya target pembangunan dengan tetap mengacu pada syarat teknis pekerjaan terkait dengan keamanan konstruksi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan (K3L).
  3. Building General Superintendant : Sarjana Terapan yang mampu melakukan pengawasan pada proses pelaksanaan secara menyeluruh serta memastikan tercapainya target konstruksi bangunan dengan tetap mengacu kepada syarat teknis pekerjaan terkait dengan keamanan konstruksi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan (K3L).
  4. Kekhususan; Sarjana Terapan (S.Tr) ini memiliki keahlian spesifik untuk menangani bangunan Pasca Konstruksi (memelihara bangunan yang sudah dibangun). 

APA BIDANG KERJA LULUSANNYA ?

  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS) : Pemerintah Pusat/Provinsi Kota/ Kabupaten, terutama pada Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD), Departemen Perhubungan, Departemen Pekerjaan Umum, Departemen Pendidikan, dan lainnya.
  2. Bidang Konstruksi/ Kontraktor (Kepala Pelaksana, Pimpinan proyek pada pekerjaan struktur dan utilitas bangunan sipil).
  3. Konsultan/Perencana yaitu Sebagai perencanan khusus Rehabilitasi bangunan, Survey identifikasi kerusakan bangunan, Pengawas pelaksana pada bangunan gedung, termasuk utilitas bangunan.
  4. Perbankan: Sebagai analisis pemberian kredit bangunan.
  5. Industri bahan bangunan : pelaksana, pemasaran, quality qontrol, manager quality control
  6. Real Estate: Perencana, pelaksana, pemasaran, manager perawatan bangunan gedung.
  7. Perhohelan, pabrik-pabrik, perkantoran: sebagai ahli maintenance bangunan.
  8. Industri pengguna: Perusahaan Jasa Konsultan Perencana Infrastruktur, Perusahaan Jasa Konsultan Pengawas Infrastruktur, Perusahaan Jasa Konsultan Manajemen Konstruksi dan Perusahaan Jasa Kontraktor.

BERAPA LAMA MASA STUDINYA ?

  1. Program kelas Reguler beban kredit minimal 144 SKS dan ditempuh dalam waktu 4 (empat) tahun atau 8 Semester.
  2. Program kelas Transfer dari Diploma tiga (D3) ditempuh dalam waktu 3 semester, (2 Semester perkuliahan dan 1 Semester Tugas Akhir).

SIAPA YANG BISA JADI CALON MAHASISWANYA ?

  1. Kelas Reguler : Semua Siswa/I lulusan Sekolah Menengah Atas (atau setara) dari semua jurusan (IPA atau IPS).
  2. Kelas Transfer : Semua mahasiswa lulusan Diploma 3 (D3) Sipil, Arsitektur, QS, dari Universitas/Institur Negeri maupun Swasta

BAGAIMANA SISTEM/METODE PEMBELAJARANNYA ?

  1. Program Sarjana Terapan merupakan program vokasi (terapan) yang bersifat lebih kearah aplikasi/ penerapan prinsip-prinsip keilmuan untuk keperluan praktis dengan tujuan utama agar lulusan yang dihasilkan siap kerja (70% praktek dan 30% Teori).
  2. Mewajibkan seluruh mahasiswa untuk mengikuti program magang, supaya membantu mahasiswadalam memahami dunia kerja dan membantu dalam mencari topik penelitian untuk tugas akhir (TA).
  3. Kelebihan dengan adanya magang ini, dapat memudahkan dalam menghasilkan lulusan vokasi yang terdidik, terampil, kompeten dan tersertifikasi (lulusan siap bekerja).

APA FASILITAS YANG DIMILIKI ?

  1. Gedung untuk Ruang Kuliah milik sendiri Yayasan Pendidikan Bung Hatta, yang nyaman dilengkapi dengan AC , Infokus dan Wifi.
  2. Tersedia Labor Bersama: Labor Beton, Labor Perkerasan Jalan, Labor Forensik Bangunan, Labor Komputer, Studio Gamambar dan RAB (Rencana Anggaran Biaya) Bangunan.
  3. Perpustakaan, Asrama Mahasiswa, Koperasi, Klinik, Masjid, Auditorium, Lapangan Olah raga, Bus Kampus.

BAGAIMANA CARA PENDAFTARANNYA ?

Ada di laman http://spmb.bunghatta.ac.id