Program Studi Teknik Ekonomi Konstruksi (Quantity Surveying) FTSP Universitas Bung Hatta berhasil menambah jumlah dosen dengan kualifikasi Doktor (S3) dengan diwisudanya Dr. Wahyudi P. Utama, BQS., MT. di The Hong Kong Polytechnic University (HK PolyU), Hong Kong pada 28 Oktober 2018 lalu. Ini berarti jurusan QS telah memiliki 3 orang dosen dengan kualifikasi S3, sementara 1 dosen lagi akan menyelesaikan studi S3-nya dalam tahun ini, InsyaAllah. Wahyudi menceritakan bahwa studinya di HK PolyU dimulai pada September 2013 yang didanai Dikti melalui program Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPPLN). Studinya diselesaikan dalam waktu 4 tahun 7 bulan, dimana penyerahan disertasi pada bulan Oktober 2017, viva pada Maret 2018 dan kelulusan research council pada Mei 2018.

Beliau terdaftar sebagai mahasiswa PhD pada Department of Building and Real Estate, Faculty of Construction and Environment dalam bidang kajian Project and Construction Management. Sedikit tentang disertasinya, topik penelitian yang diangkat adalah internationalization of Indonesian contractor enterprises dengan judul disertasi : The Overseas Expansion of Indonesian Contractors: Motivations, Entry Modes Choice and A Neuro Fuzzy Based Decision Support System. Yudi mengatakan bahwa sejauh pengetahuan dan penelusuran literatur yang dilakukannya, penelitian ini dapat dikatakan sebagai pionir dalam domain ini yang mengkaji perusahaan konstruksi Indonesia. Keterlibatan beberapa kontraktor BUMN dan swasta nasional di proyek-proyek konstruksi luar negeri menjadi isu yang belum tereksplorasi secara empiris dalam hal motivasi, market entry strategy serta faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam pemilihan proyek di luar negeri. Dari faktor-faktor tersebut dibangunlah sebuah model pendukung keputusan berbasis Adaptive Neuro Fuzzy Inference System. Model ini kemudian divalidasi silang dengan General Feedforward Neural Network untuk membandingkan keakuratannya. Dalam menyelesaikan penelitiannya, Yudi dibimbing oleh Prof. Albert P.C. Chan, salah seorang researcher ternama dibidang Project and Construction Management dengan lebih 300 publikasi, buku, monograf, dan paten. Bercerita tentang kehidupan kampus, atmosfir akademik yang kuat di HK PolyU turut mempengaruhi perjalanan studinya.

Setiap minggu ada saja seminar (disebut Luncheon seminar) ditingkat jurusan dan fakultas dengan pembicara para Profesor tamu, dosen yang mendapat hibah penelitian ataupun mahasiswa S3 yang akan viva, ceritanya. Khusus untuk mahasiswa S3, kinerja studinya diantaranya dinilai dari publikasi yang dimilikinya. Suatu hal yang biasa dijumpai di PolyU, mahasiswa S3 memiliki lebih dari 10 publikasi jurnal internasional bereputasi (terindeks ISI atau Scopus) pada saat dia lulus. Berkaitan dengan publikasi tersebut, Yudi menyebutkan bahwa risetnya menghasilkan 6 artikel jurnal (2 published dan 4 accepted) dan 3 conference paper (proceeding). Disamping itu, ada 8 artikel jurnal (published) dan 3 conference paper yang merupakan hasil kolaborasi dengan rekan sejawat di HK PolyU, 1 artikel kolaborasi dengan rekan di University of Malaya, Malaysia dan 1 artikel (tugas mata kuliah) terbit di jurnal nasional berbahasa Inggris. Total ada 15 artikel jurnal internasional yang semuanya terindeks Scopus dengan kategori Q1 dan Q2 seperti Journal of Construction Engineering and Management (ASCE), Engineering Construction and Architectural Management (Emerald), International Journal of Construction Management (Taylor and Francis), Construction Economics and Building (UTS Australia), Safety Science (Elsevier), Built Environment Project and Asset Management (Emerald), Journal of Construction in Developing Countries (USM Malaysia) dan International Journal of Technology (UI Indonesia).

Selama studi ia juga berpartisipasi sebagai pembicara dalam konferensi internasional di Kunming (China) 2014, Sydney (Australia) 2016 dan Syah Alam (Malaysia) 2018. Berdasarkan publication record yang coba telusuri, Yudi memiliki Author ID 56736780000 dari Scopus dengan h-index 4, dan pada Google Scholar dengan h-index 5. Profilnya juga dapat dilihat pada academic social media, Research Gate, dengan RG Score 12.36. Sementara, secara nasional profil beliau dapat dilihat pada portal Sinta dari Dikti. Saat ini ada satu artikel (diangkat dari disertasi) yang sedang ditulisnya dan satu penelitian sederhana, kolaborasi dengan rekan dari National University of Science and Technology, Pakistan. Selain publikasi, Yudi juga menjadi reviewer pada International Journal of Construction Management dan Editorial Board pada Jurnal Rekayasa FTSP Universitas Bung Hatta. Ini semua adalah added value yang diperoleh selama studi di HK PolyU, tambahnya. Satu hal yang disesalkannya adalah tidak sempat belajar Bahasa Cantonese atau Mandarin karena terlalu sibuk memikirkan Bahasa Inggris-nya yang masih belepotan .